Jumat, 27 Mei 2011

Introvert & Ekstrovert

Selama ini org berpersepsi bahwa org yg aktif , periang, suka bersosialisasi adalah org yg ekstrovert, sebaliknya org yg pendiam, menarik diri dari pergaulan , pemurung, adalah org yg introvert. Padahal pengertian introvert dan ekstrovert tidaklah seperti itu. Introvert dan ekstrovert sebenarnya adalah perbedaan dalam hal sumber energi mental.
Org yg naturally introvert : sumber semangatnya/ energinya berasal dari dalam diri sendiri sedangkan org yg naturally ekstrovert : mendapatkan energinya dari interaksi sosial, dari sumber eksternal, semakin baik semakin banyak interaksi sosial yg dialaminya, energinya juga semakin bertambah, org yg ekstrovert tidak dapat hidup sendiri, they always need somebody else.
Disinilah sering salah pengertian: org yg introvert bisa saja orang yang aktif, periang dan suka bersosialisasi, namun biasanya setelah sekian waktu bersosialisasi, org introvert perlu privacy, butuh ketenangan untuk recharge batterynya lagi. Sedangkan org yg ekstrovert bisa saja menjadi org yang pendiam kalo dia tidak mendapatkan lingkungan yg mendukungnya dan memberikan apa yg dia butuhkan. Tapi secara umum memang org ekstovert akan lebih aktif, cause they need to n they enjoy it. Introvert bukan berarti negatif, ato org2 yg murung dan selalu berpikiran negatif, walopun begitulah anggapan sebagian besar orang yang umumnya ekstrovert. Karena menurut cara berpikir ekstrovert, mereka akan menjadi/ berprilaku seperti org introvert bila mereka dalam kondisi down, ato mendapat masalah baik masalah pribadi atau sosial, sedangkan org introvert berprilaku yg sama , sama2 diam , tetapi bukan dengan alasan seperti sedang murung/ sedih, dsb, tapi memang mereka naturally spt itu, dan mereka fine2 aja spt itu.
nah kemarin aku iseng ikutan kuis Test Kepribadian Tipe Karakter di facebook dan hasilnya Ambivert
Tipe karakter yang memiliki keseimbangan psikologi antara introvert dan extrovert. tipe ambivert seperti karakter extrovert, suka bersosialisasi dan berkumpul dengan banyak orang dan membicarakan banyak hal, disisi lain mereka juga suka menyendiri dan menjauh dari lingkungan, seperti tipe introvert. Tipe ini umumnya dapat bergaul akrab dengan lebih dari satu lingkup saja. Karena memiliki banyak lingkup akrab, golongan ambivert sering menjadi renggang perlahan dengan lingkup akrabnya yang memiliki kadar introvert. Sifatnya yang perasa kadang membuatnya jadi moody. Namun sifat easy going membuatnya jadi pribadi yang menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar